Senin, 29 Mei 2023

ASUPAN SEHAT UNTUK KAMU YANG MAU MEMBENTUK TUBUH

    Selain latihan fisik secara rutin, asupan nutrisi seimbang dengan mengonsumsi makanan pembentuk otot juga penting guna meningkatkan massa otot tubuh. Dengan begitu, hasil yang Anda peroleh pun dapat maksimal dan tubuh terasa lebih sehat serta bugar.

     Makanan tinggi protein merupakan salah satu asupan pokok untuk membentuk otot tubuh yang kuat. Selain itu, asupan karbohidrat dan lemak juga diperlukan sebagai sumber energi.
•Daftar Makanan Pembentuk Otot

     Untuk anda yang sedang menjalani program pembentukan massa otot, ada beberapa makanan pembentuk otot yang dapat Anda konsumsi, yaitu:

1. Telur
     Konsumsi telur utuh secara rutin baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Bahannya sangat banyak dan mudah ditemukan. Selain itu, baik putih telur maupun kuning telur, keduanya mengandung sejumlah besar komponen utama penguat dan pembentuk otot.
Komponen tersebut meliputi asam amino leusin, fosfolipid, omega-3, serta vitamin B dan vitamin D. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi telur utuh untuk membentuk otot tubuh yang sehat dan kuat.

2. Dada ayam
     Selain telur, dada ayam juga merupakan salah satu makanan pembentuk otot yang sayang untuk dilewatkan. Di dalam 100 gram daging ayam, terkandung sekitar 25 gram protein. Angka tersebut merupakan jumlah yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

3. Daging sapi tanpa lemak
     Daging sapi tanpa lemak juga termasuk dalam deretan makanan pembentuk otot. Makanan ini juga menjadi sumber protein berkualitas tinggi, vitamin B, dan berbagai jenis mineral yang dapat memicu pembentukan otot.

4. Tahu
    tahu dapat Anda konsumsi sebagai pengganti daging. Dalam seporsi tahu mentah atau setara 125 gram mengandung 10 gram protein, 5 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Selain itu, tahu juga dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan otot dan tulang

5. Susu rendah lemak
     Susu rendah lemak mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan otot. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa minum susu secara rutin yang disertai latihan fisik dapat meningkatkan massa otot.

6. Buah dan sayur
    Konsumsi buah dan sayur penting untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh. Jenis buah dan sayur mengandung serat, vitamin, mineral, serta cairan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk otot.

     Beberapa pilihan buah dan sayur yang baik untuk pembentukan otot yaitu jeruk, apel, pisang, anggur, pir, semangka, beri, brokoli, bayam, tomat, mentimun, asparagus, paprika, dan jamur.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian
     Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber karbohidrat yang mengandung sejumlah kecil protein untuk menambah energi serta serat, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan otot.

     Itulah pilihan makanan pembentuk otot yang dapat Anda konsumsi. Meski demikian, makanan yang baik untuk otot tidak hanya sekadar berprotein tinggi, melainkan kombinasi makanan bergizi seimbang dan dikonsumsi dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar